Selasa, 28 Juni 2011

MANAJEMEN PRODUK DAN HARGA PT.LUMBA-LUMBA

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan penyertaannya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Dalam makalah ini membahas tentang “ANALISIS MANAJEMEN PRODUK DAN MANAJEMEN PEMASARAN PT.LUMBA - LUMBA TOUR“ yang didalamnya merupakan revisi dari kumpulan data – data yang telah kami susun dengan baik untuk mempromosikan tiket pesawat baik domestic maupun internasional, paket tour , dokumen ,dan sebagainya. Kami mencoba menyajikan secara lengkap dengan penulisan sederhana agar kita mudah dalam mempelajarinya.

Dalam peningkatan sumber daya manusia dalam bidang marketing dan pengembangan daya kreasi siswa agar kesempatan untuk menyusun makalah ini, maka diharapkan juga pada kesempatan ini kami banyak belajar dari pengalaman yang telah didapat sebagai upaya untuk menjadikan kami sebagai mahasiswa – mahasiswi yang berkualitas sehingga ilmu yang diterima sangat berguna.

Kami menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna, oleh karena itu saran dari dosen pengajar dengan senang hati akan kami terima dan akan kami jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penyempurnaan makalah ini dikemudian hari. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih pada dosen kami Ibu Hj. I.G.A. Aju Nitya Dharmani ,SST, SE, M.M. atas saran dan kritik yang telah diberikan.




Surabaya, Juni 2011





Penulis













PENDAHULUAN



Setiap fungsi manajemen memberikan kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada level yang berbeda. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkunngan eksternal. Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.

Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap aspek usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas malsalah penentuan dua pertimbangan pokok. Pertama, bisnis apa yang digeluti perusahaan pada saat ini dan jenis apa yang dapat dimsukkan dimasa mendatang. Kedua, Bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengan sukses dalam lingkungan yang kompetitif atas dasar perspektif produk, harga, promosi, dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran. Dalam konteks penyusunan strategi, pemasaran memiliki dua dimensi yaitu dimensi saat ini dan dimensi yang akan datang. Dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan lingkungannya. Sedangkan dimensi yang akan datang mencakup hubungan dimasa yang akan datang yang diharapkan akan dapat terjalin dan program tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.






















BAB I



1.1 Latar Belakang Masalah

Beberapa orang mengira hanya organisasi berskala besar yang terjun dalam ekonomi yang telah berkembang saja yang menggunakan pemasaran. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat, karena kesuksesan setiap organisasi, baik itu organisasi komersil maupun organisasi miralaba, lebih banyak ditentukan oleh aspek pemasaran.

PT. Lumba – Lumba adalah sebuah perusahaan tour & travel di Surabaya bergerak dibidang Jasa yang memiliki beberapa cabang di kota lain yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu: Surabaya, Jakarta, Batam dan Bintan. Sebagai Perusahaan Tour & Travel , PT. Lumba -Lumba memilki kredibilitas yang cukup tinggi dimata konsumen terutama bagi pelancong yang berasal dari dalam negeri atau domestic. Walaupun demikian banyak pesaing terutama di Surabaya yang berusaha UNTUK MEREBUT PASAR yang telah dikuasai oleh PT. Lumba-Lumba. Hal ini dikarenakan pada saat ini mulai bermunculan berbagai perusahaan yang bergerak dibidang tour & travel, rata – rata semua perusahaan tersebut mempunyai paket liburan yang sama. Dalam hal ini, tour & travel bersaing dalam segi harga dan pemasaran.

Hal tersebut yang menjadi salah satu ancaman bagi PT.Lumba-Lumba tour & travel, karena tingginya tingkat persaingan yang terjadi dan seringnya selera konsumen yang berubah – ubah menjadi salah satu factor yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan dalam proses pengambilan keputusan agar keputusan yang diambil menjadi keputusan yang terbaik dan dapat meningkatkan penjualan perusahaan dengan cara Marketing Mix.


1.2 Rumusan Masalah

Masalah yang terjadi adalah lamanya retan waktu yang diperlukan oleh perusahaan untuk dapat mengumpulkan dan mengubah data tersebut menjadi suatu input bagi perusahaan terutama bagi divisi pemasaran yang bertugas untuk mengambil berbagai kebijakan dalam hal marketing agar dapat meningkatkan angka penjualan perusahaan.









1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan pada latar belakang permasalahan yang dihadapi oleh PT. Lumba-Lumba terutama dalam mengumpulkan dan mengubah data menjadi input perusahaan, maka penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu system manajemen pemasaran yang berguna bagi perusahaan terutama untuk divisi pemasaran.









































BAB II



2.1 Profil Perusahaan


Nama : PT. LUMBA-LUMBA TOUR & TRAVEL
Alamat : Darmo Permai Timut 4A
Telepon : (031) 7327533, 7327536 (hunting)
Fax : (031) 7321905
Bidang : Perusahaan Jasa Tour & Travel
Berdiri : 02 Juli 1994
Pendiri : Bapak Tji Agus Thamrin
Segmentasi : Menengah ke atas untuk segala usia
Kegiatan : Melayani
• Tiket Pesawat Domestik dan Internasional
• Tiket Kereta Api
• Reservasi Hotel dalam dan luar negeri
• Pengurusan Dokumen, seperti : Paspor, Kitas, Exit, Visa, dll.
• Paket Tour, seperti : Golf tour, medical, check up tour, dll.
• Rent Car, baik area surabaya maupun luar surabaya seperti Malang, Bromo, Tretes dan sekitarnya.
Kekuatan : Tersedia bermacam-macam paket untuk berbagi tempat tujuan.
Peluang : Baik, karena merupakan salah satu perusahaan tour & travel yang mempunyai kredibilitas yang tinggi.
Ancaman : Banyak perusahaan yang bergerak dibidang yang sama menawarkan paket wisata yang sama dengan harga yang lebih murah ataupun bersaing.
Fasilitas : Pembayaran tiket, voucher hotel, documen, dan tour dapat melalui cash, mobile banking, transfer Via Internet Banking, ATM, dan tersedia juga mesin pembayaran BCA di tempat serta cek ataupun Bilyet Giro.



2.2 Paket dan Harga

*Paket: Golf Bintan untuk 2 hari 1 malam

Harga : Rp.2.999.000,-

Hari Pertama :

• Tiba di Batam di Bandara Hang Nadim – Batam dengan pelayanan Mobil penjemputan.
• Perjalanan dari Batam ke Bintan ( pelabuhan Tanjung Pinang ) dengan menggunakan kapal Ferry
• Check In di Bintan Agro Resort
• Makan Malam di Down Town
• Menginap di Bintan Agro Resort ( Makan Pagi )

Hari Kedua :

• Setelah makan pagi mengunjungi Ria Bintan Golf Club
• Bermain Golf di Ria Bintan ( dengan pendamping ) 18 Holes
• Makan siang di Ria Bintan
• Diantar ke Batam dan kembali lagi ke Surabaya

Keberangkatan dengan menggunakan Lion Air atau pesawat lainnya.

*HAVE A NICE FLIGHT AND LET’S BE HOLIDAY*

• Paket: Golf Bintan untuk 3 hari 2 malam

Harga : Rp. 4.129.000,-









2.5 Distribusi dan Pemasaran

2.5.1 Distribusi

-Distribusi Langsung

Distribusi yang digunakan masuk dalam kategori zero level yaitu penjualan yang langsung dari produsen ke konsumen.

-Distribusi Tidak Langsung

Distribusi dilakukan dengan cara bekerjasama dengan perusahaan yang memberikan paket wisata bagi karyawan perusahaan, dan umumnya hal ini dilakukan perusahaan pada tiap-tiap divisi yang dimiliki secara bergantian.


2.5.2 Pemasaran

- Via Konsumen

Berdasarkan kepercayaan dari konsumen yang pernah menggunakan jasa perusahaan kami, kebanyakan dari mereka (konsumen tersebut) kemudian mempromosikan perusahaan kami pada keluarga, ke perusahaan, dan teman – teman dilingkungan konsumen.

- Via Hotel

Berdasarkan hotel yang bekerjasama dengan tour & travel kita, maka perusahaan menyediakan ruangan untuk digunakan sebagai kantor pemasaran dari tour & travel kami.

- Via Perusahaan penerbangan dan Sekolah

Berdasarkan kerjasama perusahaan kami dengan penerbangan tersebut, perusahaan memberikan promosi melalui saluran tv pesawat dan brosur yang disebarkan dalam pesawat tanpa pungutan biaya sedikitpun dan mempromosikan via brosur-brosur yang dibagikan ke berbagai sekolah di Surabaya baik paket tour, visa student dan tiket peasawat domestic maupun international.




2.6 Kerjasama dan Penghargaan Perusahaan Kami

2.6.1 Kerjasama Perusahaan

* Dengan Airlines Domestik

Bekerja sama dengan berbagai penerbangan yang kebanyakan berasal dari dalam negeri guna memberikan pilihan yang lebih beragam pada konsumen / Customer :

1. Garuda Indonesia (elektronik tiket )
2. Merpati Nusantara (elektronik tiket )
3. Lion Air (elektronik tiket & Paper tiket )
4. Sriwijaya Air ( paper tiket/Electiric Tiket )
5. Batavia Air (elektronik tiket )
6. Trigana dan Transnusa (elektronik tiket )
7. Citilink (elektronik tiket )
8. Air Asia (elektronik tiket )

NB : Harga tergantung Pada Sistem Web Site Masing2 Airlines

* Dengan Hotel

1. Ibis Mangga Dua Hotel
2. Ciputra Hotel
3. Novotel Hotel
4. Mercure
5. Swiss Belt Hotel
6. Le Grandeur Hotel, Dan Lain-lain.

2.6.2 Penghargaan yang didapat oleh PT.Lumba-Lumba adalah :


• IATA ( International Air Transport Association ) baik domestic maupun International dengan nomor anggota keagenan 15063064 dan 15305430.
• ASITA ( Association Of the Indonesian Tour & Travel Agencies ) sejak tanggal 23 Januari 1995.
• Top Sales Eva Air pada tahun 1996
• Top Sales Malaysia Airlines pada tahun 1998 / 1999
• Top Sales Lion Air pada tahun 2003





BAB III




3.1 Pembahasan

Promosi merupakan salah satu factor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkwalitasnya suatu produk bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Pentingnya Promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik di kejauhan. Tak seorangpun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut selain dirinya tersebut.

Pada hakekatnya, promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan royal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.


3.2 Masalah

Menurunnya Grafik Penjualan pada tahun 2007 dikarenakan meningkatnya angka kecelakaan pada pesawat terbang yaitu Adam Air pada tahun 2007 .

3.3 Solusi

Untuk meningkatkan lagi penjualan pada tahun ini, maka kami mempunyai berbagai opsi yang dapat dipilih oleh management agar dapat mengambil keputusan yang terbaik bagi perusahaan, Marketing Mix terdri atas:









1.Memperberbaharui paket yang sudah ada

Dari paket liburan yang sudah kami miliki, kami memberikan tambahan berupa vocher, Notes, dan cindera mata berupa Travel Bag ataupun Dompet Hp.



2.Membuat Paket Liburan Baru

Dari paket yang sudah ada kami mengurangi beberapa tempat tujuan dan mengganti dengan menambahkan tempat-tempat yang baru dan untuk transportasinya menjadi melalui laut yaitu dengan menggunakan kapal yang secara otomatis akan mengurangi harga menjadi lebih murah dari harga semula. Adapun tour HollyLand Israel , Tour Bangkok, Pataya, Hongkong maupun Malaysia-Singapore, Turki dan sebagainya.
























BAB IV




INPUT

1. SUB SYSTEM INFORMASI AKUNTASI

GRAFIK PENJUALAN PERUSAHAAN













Dari data diatas dapat di ketahui bahwa dari berbagai paket liburan yang ditawarkan oleh PT. Lumba-Lumba yang paling banyak diminati oleh berbagai lapisan masyarakat adalah paket golf bintan.
Hal inilah yang membuat perusahaan ingin membuat atau memperbarui paket liburan tersebut dengan cara menambah alternative atau macam dari produk tersebut sehingga nantinua akan bias lebih diminati dan dijangkau oleh konsumen.





2. SUB SYSTEM PENELITIAN PASAR

Dalam subsistem penelitian pasar langkah yang diambil oleh perusahaan adalah dengan memberikan quisioner kepada konsumen yang telah menggunakan jasa tour & travel kami.
Dari quisioner tersebut perusahaan bisa mengetahui banyak tentang selera dan perilaku konsumen terhadap produk kita karena dalam quisioner tersebut juga mencakup banyak hal dimana salah satunya adalah kebutuhan dan keinginan konsumen pada keinginan konsumen pada produk kita. Dengan adanya produk tersebut perusahaan akan dapat memutuskan memakai apa saja yang diinginkan oleh konsumen dan perubahan apa saja harus dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi kebutuhan konsumen.


3. SUB SYSTEM INTELEGENSI PEMASARAN

Perusahaan mempunyai divisi intelegensi pemasaran yang tersebar dengan baik dipasar produkmaupun perusahaan produk pesaing guna memantau tentang kegiatan-kegiatan dan perkembangan-perkembangan yang terjadi pada produk kita saat dipasar maupun produk pesaing. Sehingga kita dapat mengatipasi agar produk kikta tidak kehilangan konsumen atau bahkan mati dipasaran, serta dapat menyusun strategi untuk mengetahui keunggulan produk kita dan mengembangkannya sehingga kita dapat menarik konsumen produk lain agar lain agar memakai produk kita.




Kelebihan PT. Lumba – Lumba Tour Dan Travel :

1. Harga Relativ Kompetitif dan relativ sama dengan Pesaing Lama.
2. Produk yang ditawarkan untuk tour Domestic yakni Tour Package Bintan Agro Beach Resort seperti diterapkan perincian Tour diatas adalah anak Perusahaan dari PT.Lumba-Lumba Tour Dan Travel Itu Sendiri.
3. Kerjasama / Contract Rate bersama dengan Pihak Hotel and Tour Development surabaya dan bekerjasama dengan beberapa airlines sudah jelas Resmi Sebagai Agent Travel Surabaya yang berdiri sudah belasan tahun dan menjalani tahap perkembangan.
4. Melayani dengan memberikan fasilitas pengiriman Tiket / Kurir dan Pemberian Jangka Pendek hutang kepada customer.



OUTPUT

1. Sub System Produk
Dari input yang didapatkan oleh perusahaan tentang posisi produk kita di pasar dan dari penelitian pasar yang dilakukan oleh perusahaan kita dapat menentukan posisi produk kita, menjaga dan meningkatkan kualitas produk kita dengan cara membantu produk baru yaitu: “paket golf bintan untuk 1 hari” yang disesuaikan dengan keinginan konsumen terutama yang memiliki keterbatasan dalam hal dana dan waktu juga dapat menikmati paket liburan tersebut

2. Sub System Tempat
Dalam bauran ini perusahaan menggunakan saluran distribusi yang paling efektive agar produk perusahaan dapat sampai kekonsumen yaitu dengan saluran pendek atau distribusi minimalis karena disesuaikan dengan perusahaan yang berupa jasa dan karakter dari konsumen (pangsa pasar) kami yang menjalin kerja sama berdasarkan TRUST (kepercayaan) sehingga tempat untuk mendapatkan informasi tentang produk perusahaan juga hanya ditempat-tempat tertentu saja.



3. Sub System Promosi
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan sangat terbatas dalam arti disesuaikan dengan produk yang dipromosikan yaitu berupa jasa maka perusahaan hanya mengiklankan produknya hanya melalui internet, perusahaan penerbangan maupun hotel-hotel yang bekerjasama dengan tour & travel kami sehingga promosi yang dilakukan bisa efektive dan hasil yang didapatkan juga akan meningkat.

4. Sub System Harga
Metode yang dilakukan dalam menentukan harga yang akan dikenakan pada konsumen adalah didasarkan pada fasilitas yang diberikan perusahaan, fasilitas yang diberikan perusahaan, fasilitas yang didapatkan konsumen, dan transportasi yang digunakan serta laba yang diinginkan oleh perusahaan. Berikut Contoh Nama Hotel Berbintang Di Japan Sbb:

Rates Reduction for Hotels in Japan


TOKYO
Ritz Carlton 
Experience one of the premier hotels in Tokyo - The Ritz Carlton, Tokyo. Featuring spacious guest rooms, a soothing spa and exceptional dining high atop the tallest skyscraper in the city, this five-star luxury hotel in Tokyo is the ultimate retreat.

Tokyo Midtown, 9-7-1, Akasaka, Minato-ku, Tokyo 107-6245 Japan
Grand Pacific Le Daiba 
City Resort Hotel in Tokyo Daiba. It is the best hotel for the enjoyment of going sightseeing and shopping near Fuji Television Network and the Big site, too. The concept images Life of Paris 21 district, and is given by the refined French taste like furnishing goods, the amenity, and the restaurant, etc. It is possible to look about the rainbow bridge and the palette town so on from the guest room.

2-6-1, Daiba, Minato-ku, Tokyo 135-8701, Japan
Mercure Ginza 
The hotel is in the heart of Tokyo’s shopping area, within walking distance from Ginza dori and Harumi dori shopping streets, Kabuki Theatre and Tsukiji fish markets. The subway station underneath the hotel provides access to all attractions and sights in Tokyo. The Mercure Tokyo Ginza offers a distinctive French flair and state-of-the-art technology. Due to its location close to Tokyo International Forum, the hotel is very convenient for exhibitors and business travelers.

2-9-4 Ginza, Chuo-ku, Tokyo 104-0061, Japan
Smile Asagaya 
Just 1 minute walk from JR Asagaya station, close to Toshimaen Amusement Park. All of the guest rooms feature Simmons bed mattresses and complimentary wired internet access. Guest rooms are equipped with Lan cables.

3-37-11, Asagaya-minami, Suginami-ku, Tokyo 166-0004, Japan





CONTOH TIKET ELEKTRONIK CITILINK


Sun, June 26, 2011 8:32:56 PM
Your Citilink Reservation
From: "gia.info@tikaeroid.com"
Add to Contacts
To: LUMBATT@YAHOO.COM
________________________________________


Your Booking: LWWEF2

Agency Code: SUBLUMBALU01
Booking Date: 27/06/11
Payment Code:126 6689069450

Passengers
Lastname Firstname Title Type
001 KUSUMA ARSY MRS ADULT

Flights
Flight From To Date Dep Arr Class Status
001 GA 019 JAKARTA (CGK) SURABAYA (SUB) 31/07/11 20:10 21:30 Economy Class HK

Tickets and Seats
Flight Passenger Name Ticket Fare Code Seat Endorsement & Restrictions
GA 019 KUSUMA/ ARSY P Operated by PT (Persero) Garuda Indonesia

Conditions of Carriage for Passengers and Baggage

Conditions of Citilink Ticket:
1. Citilink Ticket is non-refundable, non-re-routable, and non-endorsable.
2. Change schedule and name change a fee is assessable.

Baggage:
1. One standard piece of hand Baggage to a maximum weight of 5kgs and or dimensions 50x36x15cm.
2. The fee for Checked Baggage is assessable per kg.

Check-in:
1. Check-in desks will open 2(two) hours and close 30 minutes before the scheduled time of departure.
2. Passengers who present themselves later than 30 minutes prior to scheduled time of departure will not be accepted for travel.
3. Please bring your PNR and valid ID card for identification at check-in desk.

Notice:
A complete version of Conditions of Carriage is available at our Website www.citilink.co.id


-- This message has been scanned for viruses and
dangerous content by ONEScanner, and is
believed to be clean.






















BAB V



Kesimpulan

PT.Lumba – Lumba merupakan perusahaan dibidang Jasa Tour & Travel yang bekerja sama dengan IATA ( International Air Transport Association ), ASITA (Association Of Indonesian Tour and Tavel Agencies ), Top Sales Eva Air, Top Sales Malaysia Airlines, & Top Sales Lion Air.
PT.Lumba-Lumba Tour & Travel memberikan promosi melalui saluran televisi pesawat dan brosur yang disebarkan dalam pesawat. Dimana pada tahun ini mengalami penurunan grafik penjualan tiket yang disebabkan oleh sering terjadinya kecelakaan pesawat terbang.
Sehingga kami memberikan solusi dengan cara meningkatkan penjualan pada tahun ini. Oleh sebab itu, kami melakukan Marketing Mix dengan melakukan pilihan yang ke -2 yaitu dengan membuat paket baru yang bertujuan untuk meningkatkan kembali angka penjualan perusahaan sehingga dapat memenuhi target yang sudah ditentukan.


Penutup
Dengan menggunakan Sistem Informasi Pemasaran pada Manajemen Produk dan Harga , diharapkan hal tersebut dapat membantu agar bagian penjualan PT. Lumba- Lumba dapat mencapai target penjualan dan mempercepat proses analisis keadaan pasar PT. Lumba-Lumba , selain bagian penjualan pihak manajemen akan sangat terbantu karena ketika ingin mendapatkan informasi penjualan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan pemasaran, mereka tidak perlu menunggu lama karena informasi tersebut dapat mereka akses di dalam komputer mereka sendiri dan divisi – divisi yang lain dalam hitungan detik. Sehingga Informasi yang terdapat pada salah satu divisi yang ada di perusahaan juga dapat diakses oleh divisi yang lain.
Demikian makalah ini, saya buat dengan sebaiknya. Semoga informasi yang meningkatkan pemasaran yang ada di perusahaan dan dapat diterima oleh masyarakat luas demi kelancaran bisnis , dan perjalanan wisata Anda. Sekian dan terima kasih.







DAFTAR PUSTAKA




Theresia, 2006, Sistem Informasi Pemasaran pada PT.Lumba Lumba Tour And Travel Makalah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Narotama, Surabaya.
GTA@TRAVELLER, 2011, Rate Redructions for Hotel In Japan , Cetakan Pertama, Indonesia, Jakarta.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar